Bali web design

Bali web design

Bali web design

Indonesia web design company

web development

Bali gatra always development.. development.. development.. and development your website
Simple, Beautiful, & Professional.
Takes you to Millions of buyers.
+62-361-728346

Panduan cara menggunakan Google Analytics


Jika Kamu belum tahu bagaimana cara menggunakan Google Analytics untuk mengoptimalkan website Kamu, maka panduan ini bisa membantu dan mempermudah Kamu untuk menggunakan Google Analytics.

Namun sebelum Kamu mengetahui lebih lanjut soal cara setup dan penggunaannya, mari ketahui lebih dulu mengapa Google Analytics itu penting untuk sebua website!

Manfaat Google Analytics bagi website adalah sbb;

  • Untuk mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi website Kita.
  • Untuk bisa mengetahui dari negara mana pengunjung berasal.
  • Untuk mengetahui backlinks website apa yang mengarahkan traffic ke website saya?
  • Untuk mengetahui halaman mana di website saya yang paling populer
  • Untuk mengetahui berapa banyak pengunjung yang sudah dikonversikan menjadi lead atau customer
  • Untuk melihat laporan harian, mingguan, bulanan dan tahunan secara lengkap
  • Untuk dapat mengetahui taktik pemasaran yang mendorong lalu lintas ke situs web Kamu

Cara Setup Google Analytics

Pertama, untuk membuat akun Google Analytics sebaiknya Kamu menggunakan akun Google, Jika Kamu sudah mempunyai akun Google, silahkan untuk mengakses situs website Google Analytics disini https://analytics.google.com
Setelah berhasil login maka Kamu akan dibawa kehalaman dengan tiga langkah yang harus Kamu ambil untuk menyiapkan Google Analytics.

Setelah Kamu mengklik tombol Sign Up, Kamu akan mengisi informasi untuk website Kamu dibawah “Setting up your account”.

Google Analytics menawarkan hirarki untuk mengatur akun Kamu. Kamu dapat memiliki hingga 100 account Google Analytics di bawah satu akun Google. Kamu dapat memiliki hingga 50 sifat situs di bawah satu akun Google Analytics. Dan Kamu dapat memiliki hingga 25 views dibawah satu properti situs.

Setelah Kamu mengisi semua informasi yang diminta oleh Google Analytics seperti diatas tadi, Kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

  • Copy code Tracking ID dan Paste ke setiap halaman web Kamu, pastikan Paste nya di bag <head> html web.

  • Setelah semua halaman web terupdate kemudian upload semua file html ke server.

Cara Membaca Data di Google Analytics

Ketika Kamu mulai mendapatkan data dari Google Anaytics, Kamu bisa mulai mempelajari website traffic Kamu. Setiap kali Kamu log in ke Google Analytics, Kamu akan dibawa ke Audience Overview Report bagi website yang sudah Kamu tentukan sebelumnya. Kalau Kamu punya lebih dari satu website Kamu juga dapat memilih dari beberapa website yang terdaftar. Tersedia lebih dari 50 report yang terdapat pada Google Analytics.

Di laporan sebelah kanan atas, Kamu bisa klik tanggal untuk mengubah data berdasar rentang tanggal yang ingin Kamu lihat. Kamu juga bisa memeriksa kotak Compare untuk membandingkan data Kamu dari satu rentang tanggal (contoh: pada bulan ini) ke rentang tanggal sebelumnya (contoh: pada bulan lalu).

Di bagian bawah metrik utama, Kamu akan melihat laporan yang bisa Kamu gunakan untuk dilihat dalam sepuluh bahasa, negara, kota, browser, sistem operasi, service provider, atau bahkan resolusi layar yang berasal dari pengunjung Kamu.

Sebenarnya cara melihat datanya sangat mudah, Kamu bisa mempelajari lagi lebih lanjut dengan mencoba klik di setiap report dan mencermati data-data yang dihasilkan. Misalnya, Kamu coba klik nama kota tertentu yang terdaftar, lalu Kamu lihat bagaimana isi tabelnya, pelajari setiap metrik di dalamnya.

Secara garis besar ada empat jenis report yang ada pada Google Analytics. Simak penjelasan berikut ini!

Audience Reports

Pada laporan ini tersedia semua hal yang ingin Kamu ketahui tentang pengunjung atau web visitor Kamu. Di dalamnya, Kamu bisa menemukan laporan terperinci untuk usia dan jenis kelamin pengunjung Kamu (Demografi), kepentingan umum mereka (Minat), dari mana mereka berasal (Geo> Lokasi) dan bahasa apa yang mereka gunakan (Geo> Language. Selain itu, Kamu bisa tahu seberapa sering mereka mengunjungi website Kamu (Perilaku), dan teknologi seperti apa yang mereka gunakan untuk melihat/kunjungi website Kamu (perangkat teknologi dan seluler).

Acquisition Reports

Laporan ini bisa memberi tahu Kamu semua hal yang ingin Kamu ketahui soal apa yang mendorong pengunjung/web visitor hingga mereka pergi ke website Kamu (semua web traffic). Kamu bisa melihat traffic Kamu yang kurang optimal dan sumber spesifiknya berasal dari mana saja. Kamu bisa juga mempelajari segala hal tentang traffic yang berasal dari media sosial. Kamupun bisa menghubungkan Google Analytics ke AdWords untuk mempelajari lebih lanjut tentang kampanye PPC dan Google Webmaster Tools/ Search Console agar bisa mempelajari lebih lanjut soal search traffic (terkait SEO/Search Engine Optimization).

Behavior Reports

Laporan ini bisa memberi tahu Kamu semua hal yang ingin Kamu ketahui terkait konten Kamu. Khususnya, halaman teratas yang ada pada website Kamu, entry page teratas di situs Kamu, dan exit page teratas di situs Kamu. Kamu bisa melihat istilah apa yang dicari terbanyak dan halaman yang orang-orang paling cari. Kamu juga bisa mempelajari seberapa cepat beban website Kamu (kecepatannya) dan juga menemukan saran spesifik dari Google soal cara supaya website Kamu bisa lebih cepat.

Conversions

Jika Kamu menetapkan Target di dalam Google Analytics, Kamu bisa melihat berapa banyak konversi yang diterima oleh website Kamu dan URL-nya apa saja. Kamu juga bisa melihat jalur yang ditempuh pengunjung hingga tercapai konversi. Berbicara tentang target dan konversi, sebagian besar tabel dalam laporan stKamur Google Analytics akan mengkaitkan data tertentu ke konversi Kamu.

Misalnya, Kamu bisa melihat jumlah konversi yang dibuat oleh pengunjung dari Jakarta pada laporan Audience> Geo> Location. Kamu juga bisa melihat jumlah konversi yang dibuat oleh pengunjung dari akun Facebook di bagian Acquisition> All Traffics> Source / Media. Kamu pun bisa melihat jumlah konversi yang dibuat oleh pengunjung yang berhasil landing di page tertentu pada laporan Behavior> Site Content> Landing Page.

Create by Bali Web Design